Pemkot Kupang Segera Bentuk KIP

  • Whatsapp

Kupang, Arahntt. Com- Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) segera membentuk Komisi Informasi Publik(KIP) tingkat kota Kupang sebagai salah satu pusat rujukan informasi publik.

“Penting sekali membentuk KIP di Kota Kupang dan pemkot sebagai satu-satunya kota di NTT dapat menjadi salah satu pusat rujukan informasi,” kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat menerima Kunjungan Ketua KIP NTT, Kamis (25/06/2020) kemarin

Bacaan Lainnya

Menurut Jefri, dibentuknya KIP Kota Kupang dapat menjadi salah satu pusat rujukan informasi, sehingga perlu didorong agar tahapan pembentukan KIP dapat dimulai serta proses rekrutmennya.

“Pembentukan KIP Kota Kupang diharapkan ada komunikasi yang intens antara Kominfo dan KIP untuk segera memproses ini,” ujarnya

Sementara itu, Ketua KIP NTT, Mariyanti Luturmas-Adoe mengatakan dalam keterbukaan informasi publik mewajibkan badan publik untuk memiliki PejabatPengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Sehingga kata dia, PPID yang dibentuk dapat berperan agar masyarakat sebagai pihak yang membutuhkan informasi bisa mengakses informasi yang di butuhkan.

“Tujuan kunjungan kami di Kota Kupang guna memperkenalkan diri, sekaligus meminta agar di kota segera bentuk komisi informasi, dan Kota Kupang sebagai pembuka jalan bagi daerah lain di NTT agar warga dapat mengakses informasi yang di butuhkan,” kata Luturmas.

Sesuai amanat Undang-Undang (UU) Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik mewajibkan badan publik memiliki PPID(tim)

Pos terkait