Dekranasda Promosikan Kekayaan Budaya Lewat Ajang Pemilihan Puteri Remaja dan Cilik NTT 2021

  • Whatsapp

Kupang, Arah NTT – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memperomosikan kekayaan budaya NTT lewat Ajang Pemilihan Puteri Remaja dan Cilik NTT 2021.

Pemilihan Puteri Remaja dan Cilik NTT 2021 itu diinisiasi oleh Dekranasda NTT dengan menggandeng Panitia Nasional Yayasan Puteri Remaja Cilik Indonesia dan dengan dukungan pemerintah provinsi NTT lewat Dinas Pariwisata NTT.

Kegiatan ini berlangsung tanggal 25 sampai Agustus  2021.

Peserta yang ikut pada sesi puncak yaitu pemilihan yang akan memilih masing-masing seorang puteri untuk kedua kategori (Remaja dan Cilik) hari ini pesertanya menggunakan 2 busana berbahan bebas dan bahan tenun ikat NTT dirancangan oleh Desaigner  Tamy Nugroho. 

Sponsor acara ini antara lain Vivo Smart Phone, LT Pro, Dekranasda NTT dan instagram.

Pada awal pendaftaran, peserta pemilihan dengan dua kategori ini diikuti oleh 11 peserta  puteri cilik berusia  9-14 tahun dan peserta remaja berusia 15-18 tahun sebanyak 10 orang . Setelah dilakukan seleksi untuk kelas remaja, berhasil lolos hingga tahap pemilihan sebanyak 10 orang hari ini.

Juri pada pemilihan ini adalah Bunda Julie Sutrisno Laiskodat, Puteri remaja 2020 Alfonsa Maria Theola Feka (fasti) dan Dery Dahlan owner Yayasan Putera Puteri Cilik Indonesia.

Ketua Dekranasda NTT, Bunda Julie Sutrisno Laiskodat mengatakan kegiatan ini merupakan Ajang Pemilihan Puteri Cilik dan Remaja Provinsi NTT tahun 2021.

“Garis besarnya kalau pemilihan pageon apapun Dekranasda yang melaksanakannya dari 2019.  Dan ajang ini secara nasionalnya ada dua kategori Puteri Cilik dan Puteri Remaja, “katanya kepada wartawan, Juma, 27 Agustus 2021.

Kata dia, tahun lalu sudah ada perwakilan dari NTT, namun tidak sempat untuk bikin acaranya.

“Jadi tahun ini karena sudah pengalaman kita sudah bisa membuat ajang ini, ” katanya.

Ia mengatakan Dekranasda selalu mempersiapkan peserta pemilihan apapun yang akan ke ajang nasional.

“Untuk ke ajang nasional, mereka kami akan persiapkan mereka publik speaking. les bahasa Inggris, belajar catwalk, make up dan mereka dari lintas dinas pariwisata akan bekali mereka dengan pengetahuan dan data pariwisata dan budaya, untuk mempersiapkan mereka bisa tampil di ajang nasional.” Jelas Bunda Julie

Sementara Pendiri Yayasan Puteri Remaja Cilik Indonesia, Dery Dahlan sebagai salah satu juri penjelasan bahwa Ajang pemilihan puteri tahun 2021 ada dua kategori yakni remaja dan cilik.

Puteri Cilik 9-12 tahun dan remaja 13-18 tahun. Sementara ada 4 aspek yang akan dinilai dalam ajang itu yakni, smart (cerdas), Beauty, dan inspiring.

Salah satu Puteri Cilik NTT 2020, Liliany Gratia Imanuela Rondo mengaku rasa bangga terpilih sebagai puteri Cilik NTT 2020.

Pos terkait