Bank NTT Bagikan Sembako ke Warga Terdampak Covid-19 dan Seroja.

  • Whatsapp

Kupang, Arah NTT – Demi membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19 dan Badai Siklon Tropis Seroja,
Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT), menyalurkan bantuan sembako.

Kali ini, bantuan diberikan kepada warga, baik buruh maupun yang mencari nafkah di 2 Pelabuhan yakni Pelabuhan Bolok, Kupang Barat, Kabupaten Kupang, dan Pelabuhan Tenau, Kelurahan Alak, Kota Kupang, Rabu (25/08/2021) kemarin.

Bacaan Lainnya

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako. Pemberian bantuan ini juga merupakan bagian dari rangkaian jelang pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) provinsi NTT pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Direktur Utama Bank NTT, Harry Aleksander Riwu Kaho, turun langsung menyerahkan bantuan tersebut, didampingi sejumlah pejabat Kantor Pusat dan Kantor Cabang Utama Bank NTT.

Pada kesempatan itu, Harry Aleksander Riwu Kaho mengatakan seluruh masyarakat NTT harus bersyukur, karena meski dilanda bencana baik pandemi Covi-19 maupun Badai Seroja, namun masih tetap dimampukan oleh Tuhan yang Maha Kuasa.

Menurutnya, bencana yang dialami saat ini menjadi pelajaran berarti bagi siapapun, bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa kehadiran sesama, saling mengasihi dan melakukan sesuatu yang bisa membantu satu dengan yang lain.

“Oleh karena itu, hari ini Bank NTT Peduli hadir dan memberikan bantuan bagi warga. Jangan lihat nilainya, tetapi niat yang paling utama dalam membantu sesama,” ujar dia.

General Manager (GM) PT ASDP Cabang Kupang, Ardy Ekapati pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank NTT yang memliki kepedulian terhadap warga, khususnya yang terdampak Covid-19.

Dia berharap, para penerima dapat mensyukuri apa yang diberikan Bank NTT sebagai berkah, sekaligus dapat bermanfaat, sekaligus terus berdoa untuk Bank NTT yang memiliki niat tulus dalam membantu sesama.

“Kami harapkan hal seperti ini dapat berlangsung secara terus-menerus,” ujar Ardy Ekapati.

Senada, GM PT Pelindo III Kupang, Agus Setiawan Nazar juga mengapresiasi aksi sosial dari Bank NTT.

Dia berharap, kedepan Bank NTT lebih sukses dan profesional dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami atas nama manajemen dan Direksi PT Pelindo regional Surabaya mengucapkan terima kasih kepada Bank NTT yang telah memberikan bantuan kepada warga di Pelabuhan Tenau,” tandasnya.

TPAKD

Direktur Utama Bank NTT, Harry Aleksander Riwu Kaho menjelaskan, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) akan dikukuhkan oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pada Jumat, 27 Agustus 2021, di Pulau Semau.

Dia menjelaskan, beberapa rangkaian kegiatan sebelum pengukuhan TPAD telah dilaksanakan di 2 kecamatan di Pulau Semau, dengan tujuan memperkuat akses keuangan.

“Yang dilakukan di Semau yakni berkaitan dengan budidaya bidang perikanan dan kelautan, pertanian khususnya budidaya bawang, serta di bidang pariwisata yakni perhotelan dan restoran,” jelasnya.

Dijelaskan, Pantai Liman di Pulau Semau menjadi salah satu dari 7 destinasi pariwisata unggulan di NTT. Apabila Pantai Liman telah berkembang bagus, maka akan memberikan dampak bukan hanya untuk Semau, namun bagi warga di Bolok dan Tenau.

“Ini memberikan peluang-peluang secara ekonomi yang bisa berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” ujar dia.

Menurutnya, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terdiri dari unsur pemerintah, swasta, lembaga jasa keuangan, akademisi, serta beberapa lembaga lainnya untuk memediasi masyarakat yang selama ini terbatas aksesnya terhadap lembaga jasa keuangan.

“Tidak saja dalam hal akses pembiayaan, tetapi asas keberlanjutan serta jaringan perlu terus dibangun dengan melibatkan banyak pihak,” pungkasnya. (Tim)

Pos terkait